Navigation

SEJARAH ATM DAN RENCANA PENDIRIAN ATM DI KECAMATAN SILAHI SABUNGAN

ATM Silalahi, ATM di Silalahi, Lokasi ATM di Silalahi, ATM Terdekat Paropo, ATM Paropo, ATM di Kecamatan Silahi Sabungan, ATM di Desa Silalahi,

ATM Silalahi

SEJARAH ATM

ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine, adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli pulsa telepon seluler.

 

ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, stasiun kereta api, terminal bus, pasar swalayan, dan kantor-kantor bank itu sendiri.

Ide mengenai distribusi uang tunai di luar jam dikembangkan dari kebutuhan perbankan di Asia (Jepang), Eropa (Swedia dan Inggris) dan Amerika Utara (Amerika Serikat). Sedikit yang diketahui tentang perangkat jenis ini di Jepang selain yang disebut "Mesin Komputer Pinjaman" yang memberikan uang tunai sebagai pinjaman tiga bulan sebesar 5%, setelah memasukkan kartu kredit. Perangkat tersebut beroperasi pada tahun 1966.

 

Dalam rekaman paten Amerika Serikat, Luther George Simjian telah dikreditkan atas pengembangan "perangkat penemuan sebelumnya". Secara spesifik patennya yang ke-132 (US3079603), yang pertama kali diajukan pada 30 Juni 1960 (dan diberikan pada 26 Februari 1963). Perangkat tersebut, disebut Bankograph, tertunda beberapa tahun, akibat perusahaan Simjian Reflectone Electronics Inc. yang diakuisisi oleh Universal Match Corporation.[8] Sebuah eksperimen Bankograph dipasang di New York City pada tahun 1961 oleh City Bank of New York, namun dicopot setelah enam bulan karena kurangnya penerimaan pelanggan. Bankograph adalah mesin otomatis penyimpanan amplop (menerima koin, uang tunai dan cek) serta tidak memiliki fitur penarikan tunai.

Demi kian sejarang singkat tentang ATM yang bersumber dari Wikipedia Indonesia

 

PENDIRIAN ATM DI KECAMATAN SILAHI SABUNGAN

Tahun lalu,  Tahun 2019 dipertengahan bulan Oktober, Admin mencoba negosiasi dengan karyawan sebuah bank Negeri di kota Sidikalang, dengan maksud agar adanya percepatan pembuatan ATM bersama di Kecamatan Silahi Sabungan, syarat utama yang di mintakan kepada admin #SilalahiProject kala itu adalah, dengan permintaan 100 pendaftaran nasabah baru, negosiasi terjadi dan kemudian deal di angka 75 Pendaftaran nasabah baru.

Seiring berjalannya waktu, hal hal yang di butuhkan dalam proses ini kemudian terkendala karena pendemik #COVID19, dan kemudian karena beberapa faktor, ahirnya hal ini memakan waktu yang terbilang cukup lama.

Kuartal ke tiga tahun ini, kebaikan dari pemerintah ahirnya tersampaikan dengan semakin terlihat dengan jelas adanya progres pembuatan ATM bersama di Kecamatan Silahi Sabungan ini.

Pembangunan di harapkan selesai dalam waktu dekat, dengan Lokasi Pembuatan ATM bersama ini di Desa Silalahi II, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, tepatnya 50 Meter dari Simpang 4 jalan menuju PLTA RENUN di Desa Silalahi II, berjarak sekitar 850 Meter dari pusat ibu kota Kecamatan Silahi Sabungan.

 

Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat !

Diharapkan, dengan adanya ATM bersama ini, hal hal positif dalam proses pengembangan di berbagai sektor bisa semakin lebih cepat dan tepat.

Salam.

Admin Silalahi Project

 


Share
Banner

Silalahi Project

Post A Comment: