Navigation

Sejarah Lokasi Sitahuan yang awalnya bernama Pandabuan - Desa Silalahi III Kecamatan Silahisabungan

Sitahuan, Pandabuan, Lokasi Sitahuan, Tanah Situngkir, Juma Sitahuan, Sitahuan Silalahi, Desa Silalahi, Kecamantan Silahisabungan, Sitahuan silalahi,

 Sitahuan !

Tempat ini adalah sebuah tempat yang berlokasi di ujung barat desa Silalahi III, Kecamatan Silahisabungan.

Berjarak + 2 Kilometer ke arah barat dari kantor camat kecamatan Silahisabungan, dan sekitar 2,5 Km ke arah barat daya dari Siantaratas.

Sitahuan Desa Silalahi III Kec Silahisabungan

Hingga era tahun 1980-an lokasi ini bernama "Pandabuan" dimana nama ini diambil berdasarkan sejarah yang di ceritakan kepada penulis, bahwa sanya tempat ini menjadi tempat "Pandabuan" untuk korban korban dari kejamnya era proklamasi dan beberapa kejadian bersejarah lainnya, seperti PKI dan lain lain.
"Pandubuan" dapat di artikan dalam bahasa Indonesia sebagai "Tempat Pembuangan / Pelemparan".

Dan kemudian, pada era tahun 1980-an tetua dan para masarakat melihat dan mencoba mengesuaikan namanya sesuai dengan apa yang meraka rasakan, dimana tempat ini menjadi tempat yang penuh berkah dari hasil bumi yang ada, terkhusus bawang merah.
Tetua dan masyaratkan menyadari bahwa rezeki yang mereka dapatkan dari tempat ini, sedikit berbeda di bandingkan dengan tempat lainnya, dimana setiap panen tiba, mereka merasakan hasil yang lebih, sehingga di rencang dan dibautkan acara adat dalam proses perubahan nama, dari Pandabuan menjadi Sitahuan.

Baca Juga : POKDARWIS SILALAHI
                   BATU SIGADAP DESA SILALAHI
                   DASAR HUKUM KARANG TARUNA


Ada pun makna baru dari nama baru yang di usulkan waktu itu (Sitahuan) memiliki arti yang sangat mendalam, dimana dalam bahasa sederhananya, Sitahuan dapat diartikan sebagai "Tempat yang penuh berkah".
Hingga saat artikel ini di Publikasikan, nama tempat ini tetap menjadi "Sitahuan" dan sudah melekan didalam benak dan pikirian masyarakat, bahwa "Sitahuan" adalah sebuah tempat yang penuh dengan berkah dalam hal hasil bumi pertanian.
Semoga saja tempat ini tetap memberikan hal baik untuk masyarakat penduduk Desa Silahisabungan.

Salam, Admin.



Share
Banner

Onald

Horas, Ya'ahowu... Salam kenal, saya Onald, Saya mengelolah beberapa blog (Dapat anda lihat di daftar), dan hobby membaca serta menulis, saya menghabiskan waktu di dunia internet, termasuk Youtube, cek youtube saya zendrato team.

Post A Comment: